This blog is specially created to share knowledge and experience of my teaching and learning journey.
Besides, this blog is also dedicated to educators who want to learn more about English teaching, technology in learning, best practices, CAR, assessment in practice, HOTS and other educational issues.
Berbagi BEST 03: Technology -assisted Differentiated Instructions di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY (Seru lhoo Jadi Guru)
Assalamualaikum Educators Hebad,
Kali ini saya akan bercerita tentang Berbagi Praktik BEST ke 3 saya. Pada kesempatan kali ini saya berkolaborasi dengan Bapak Ibu dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Setelah melakukan diskusi, akhirnya sepakat Kuliah Umum dilaksanakan di PBI UMY pada hari Kamis, 17 Oktober 2024 bersama mahasiswa semester 3 dan 5 Prodi PBI. Berikut flyer acaranya.
Pada jam 13.20 kelas dimulai dan dibuka oleh Mr. Puthut yang memperkenalkan saya kepada para mahasiswa. Beliau pun bertanya, siapa yang mau menjadi guru. surprisingly, ada 2 mahasiswi di antara 30an mahasiswa yang mengangkat tangannya. Dan ketika ditanya pun, menjadi guru adalah Plan B mereka. Wow, that's surprising fact dari mahasiswa PBI ya.
Saatnya saya pun berbagi praktik. Namun, sebelum berbagi praktik saya ingin mengetahui sejauh mana mahasiswa di ruang tersebut mengerti adanya diferensiasi di kelas, sehingga saya awali kelas dengan game "Which one do you prefer?" untuk mengenalkan bahwa setiap anak memiliki kesukaan/ minat/ dan preferensi yang berbeda-beda. Ketika mereka setuju dengan hal itu, barulah saya bagikan latar belakang praktik saya dan proses pengembangan BEST (Buffet English Speaking Tasks). Dilanjutkan dengan mempraktikkan menggunakan MPI BEST dan mendemokannya di depan mahasiswa. Berikut video berbagi praktik di PBI UMY.
Setelah mendiskusikan penggunaan MPI BEST yang saya kembangkan, saya sampaikan refleksi siswa dan manfaat BEST di mana salah satunya mengaktifkan siswa ABK dan siswa pada umumnya. Mahasiswa terlihat tertarik dengan konsep diferensiasi dan akomodasi ABK ini terbukti pada sesi QnA kami banyak diskusi tentang hal tersebut selain tentang pemanfaatan BEST.
Di akhir sesi, Mr.Puthut meminta mahasiswa berefleksi dan menanyakan apa yang didapat dari sesi kuliah saya. Selain itu, beliau juga menanyakan sekarang berapa mahasiswa mau menjadi guru? Dan alhamdulillah beberapa menjawab. "boleh lahhh" Adapun testimoni perwakilan mahasiswa dapat disimak di video ini:
Selain mereka bertiga, mahasiswa juga memberikan refleksinya sebagai salah satu pendukung kehadiran melalui google form. Berikut refleksi mahasiswa yang hadir.
Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk mahasiswa calon guru ini. Bismillah. Cukup sekian dulu cerita berbagi 03. Lanjut cerita berikutnya ya...
No comments:
Post a Comment